Yang Perlu Anda Ketahui Tentang MYOB Sebelum Menggunakannya

Kalau diberi rentang penilaian dari 0 s/d 100, Anda memilih mulai menilai dari mana? Apakah Anda tipe orang yang suka menilai dari 100 lalu bila Anda menemui kekurangan atas sesuatu tersebut maka  nilainya lantas Anda turunkan.  Atau barangkali Anda tipe orang yang mengawalinya dari Nol dan apabila ditemui kelebihannya, maka nilai sesuatu itu terus meningkat. Jadi , tipe manakah Anda??

software-myobHal seperti ungkapan diatas tak ubahnya bila Anda menggunakan aplikasi MYOB. Sebaiknya sebelum menggunakan MYOB Anda sudah tahu tentang keunggulan dan kekurangan MYOB, sehingga Anda tidak salah menilai. Memang pengunaan software MYOB di Indonesia terus meningkat, hal ini tak terelakkan dan terjadi karena tuntutan jaman. Sebaliknya, software ini juga memiliki kekurangan seperti belum sepenuhnya memenuhi cara penyajian laporan keuangan yang betul-betul pas untuk di Indonesia. Agar bisa disajikan menurut aturan akuntansi di Indonesia, laporan yang dihasilkan oleh software MYOB ini harus diekspor dulu data laporannya ke Excel. Jadi tidak bisa seperti yang ada di negara lain seperti MYOB Singapura, Malaysia, Australia, New Zealand, Amerika, Kanada, UK dan lainnya. Hingga sekarang belum ada software MYOB yang khusus diperuntukkan untuk pemakaian di Indonesia.

MYOB yang digunakan di Indonesia ada beragam versi, ada versi Australia, Amerika atau Asia dan lain-lain. Umumnya yang agak sulit diterapkan adalah tentang cara pencatatan pajak dan payroll. Karenanya yang paling cocok digunakan adalah yang berhubungan dengan transaksi akuntansi saja. Bagaimana dengan pencatatan pajak? Ya lewat manuver transaksi pencatatannya bisa dilakukan. Bila dibandingkan dengan MYOB Australia, Singapura atau Malaysia tentu agak berbeda, mereka bisa memilih tipe pajak yang telah disediakan defaultnya dalam software MYOB tersebut. Karena potensi besar dan terus meningkat penggunaannya di Indonesia, mungkin untuk hal ini MYOB Limited perlu mempertimbangkan software MYOB yang sesuai dengan pemakaian pajak untuk Iindonesia, kalau bisa tentu dengan pemakaian sistim Payrollnya. Untuk hal ini kita lihat saja perkembangannya nanti.

Demikian sekilas tentang kekurangan dan keunggulan MYOB untuk penggunaan di Indonesia. Silahkan pembaca klik disini untuk mendapatkan informasi yang selengkapnya tentang MYOB Indonesia. Semoga bemanfaat.

Pos ini dipublikasikan di Berita MYOB dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s